Batuk Berdahak

Batuk berdahak adalah mekanisme tubuh untuk mengeluarkan zat-zat asing dari saluran nafas, termasuk dahak. Batuk ini sebaiknya tidak ditekan, supaya zat-zat asing itu bisa dikeluarkan. Obat-obat yang bisa membantu pengeluaran dahak disebut ekspektoran. Obat-obatan ini biasanya juga merangsang terjadinya batuk supaya terjadi pengeluaran dahak. Selain itu ada juga obat-obat yang bisa membantu mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan yang disebut mukolitik. Contoh obat-obatn ekspektoran adalah amonium klorida, gliseril guaiakol, ipekak dan jenis obat lain.

Batuk Berdahak

Batuk Berdahak

Batuk berdahak merupakan batuk yang ditandai dengan pengeluaran dahal (sputum) berupa lendir dari tenggorokan pada saat terjadinya batuk. Dahak yang keluar merupakan hasil produksi dari mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Batuk berdahak bisa disebabkan oleh adanya infeksi virus. Umumnya kebanyakan batuk berdahak akan sembuh dengan sendirinya atau dengan pengobatan menggunakan obat resep dokter dalam beberapa hari. Namun, jika batuk berdahak yang menjadi salah satu gejala infeksi pernapasan akibat bakteri, pengobatan dapat berlangsung lebih lama dan memerlukan penanganan khusus dengan pemberian obat anti bakteria dan antibiotika. Batuk berdahak yang merupakan gejala infeksi pernapasan ditandai dengan gejala dahak yang keluar banyak, kental dan dahak biasanya berwarna agak kekuningan atau kehijauan.

Untuk mengenali jenis dahak pada batuk yang disebabkan oleh berbagai gangguan kesehatan baik berupa gejala dari penyakit tertentu seputar saluran pernapasan ataupun karena alergi dan gejala lainnya, yakni :

• Dahak berwarna putih disebabkan oleh infeksi virus.

• Dahak berwarna kuning atau hijau terutama jika disertai demam, umumnya menunjukkan adanya infeksi bakteri, seperti bronchitis. Sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter, karena pada kondisi ini umumnya memerlukan penggunaan antibiotik.

Dahak berdarah atau berwarna gelap menunjukkan ada penyakit serius di tubuh seperti kanker atau tuberculosis. Waspadai batuk jenis ini, segeralah ke dokter.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab masalah batuk berdahak muncul. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Akibat virus
    Serangan virus bisa menjadi salah satu penyebab munculnya batuk berdahak. Biasanya keadaan yang normal, mereka yang mengalami batuk berdahak akan mengalami flu atau pilek biasa yang disebabkan oleh serangan virus. Namun, karena batuk bisa saja dipicu oleh adanya lendir yang mengalir dari hidung menuju ke bagian belakang tenggorokan kita.
  2. Infeksi
    Infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan bagian atas dan paru-paru merupakan salah satu penyebab dari terjadinya batuk. Batuk berdahak ini merupakan salah satu gejala dari pneumonia, sinusitis, bronkitis, dan tuberkulosis.
  3. Penyakit paru-paru kronis
    Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) mempunyai gejala salah satunya adalah gejala batuk berdahak. Jika keadaannya semakin memburuk biasanya hal ini akan mempeparah gejalanya.
  4. Asam lambung naik
    Batuk berdahak mungkin saja merupakan salah satu gejala dari penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) atau yang terjadi karena kenaikan pada asam lambung yang mencapai tenggorokan sehingga memunculkan rangsangan batuk, dan biasanya keadaan ini sering kali membuat Anda terbangun dari tidur.

Sedangkan contoh obat mukolitik adalah bromheksin, asetilsistein dan ambroksol. Jadi, jika batuk anda berdahak, pilihlah obat-obat yang mengandung zat-zat seperti tersebut di atas. Sebagian besar produk obat mencampurkan antara zat antitusif dan ekspektoran. Agak membingungkan memang karena kerja kedua zat tersebut dapat dikatakan berlawanan.

Hal in mungkin didasarkan pada kenyataan bahwa walaupun batunya berdahak, tapi kerapkali juga terlalu sering dan melelahkan pasien sehingga perlu ditekan. Namun beberapa produsen obat batuk kini mulai membedakan antara obat untuk batuk kering dan batuk berdahak. Akan lebih tepat jika obat batuk disesuaikan dengan jenis batuk Anda.

Dibawah ini ada obat alami yang bisa membantu meredakan batuk berdahak secara alami, yakni :

  1. Teh jahe
    Teh jahe bisa membantu untuk mengurangi keluhan batuk berdahak. Hal ini sudah dipercaya sejak lama. Cara membuat ramuan batuk alami ini adalah dengan menggunakan irisan jahe yang dicampurkan dengan teh hangat, minumlah 2 kali dalam sehari.
  2. Belimbing wuluh
    Ramuan alami yang terbuat dari belimbing wuluh bisa memberikan manfaat baik untuk mengatasi batuk berdahak. Karena bunga belimbing wuluh sudah terbukti bisa membantu untuk meredakan batuk. Cara membuat ramuan batu berdahak dengan menggunakan bunga belimbing wuluh adalah, ambillah 1 genggam bunga belimbing wuluh, kemudian dicampurkan dengan menggunakan beberapa butir adas, dan setelah itu dicampurkan dengan gula atau juga secangkir air, dan ditim. Jika sudah agak dingin, maka saringlah ramuan tadi dan minumlah.
  3. Madu dan lada putih
    Cara membuat ramuan batuk berdahak menggunakan madu dan lada putih sangat mudah sekali. Caranya adalah mencampurkan lada putih dengan teh madu, dan minumlah maka batuk berdahak Anda bisa hilang dengan ramuan alami ini.

 Batuk Berdahak

Cara Pemesanan Obat Batuk
Membantu Mengobati Berbagai Jenis batuk, Meringankan dan Membantu Mengeluarkan Dahak, Serta Mengatasi Alergi Penyebab Batuk

Harga 1 Botol Obat Batuk Isi 50 Kapsul = Harga Rp.115.000,-/Botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Batuk, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (Untuk menentukan ongkos kirim)


=====================================

>>> Obat Batuk Berdahak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Batuk Berdahak and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.