Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak

Anak atau bayi memang sangat rentan terserang berbagai penyakit, karena sistem pertahanan tubuhnya masih sangat kecil sehingga sistem kekebalan tubuh belum dapat bekerja dengan sempurna. Akibat sistem imunitas tubuh yang masih lemah, anak mudah terserang virus, bakteri dan mikroorganisme lainnya. Gangguan kesehatan yang paling dekat dengan anak atau bayi adalah flu dan batuk. Meski batuk bukan menjadi salah satu penyebab penyakit dominan pada anak, tetap saja batuk harus diwaspadai dan diobati serta jangan dipandang remeh.

Batuk berdahak bisa diakibatkan oleh alergi, selain oleh virus tentunya. Misalnya adalah alergi udara dingin dapat menjadikan anak atau bayi lebih sensitif. Keadaan dingin ini dapat menyebabkan saluran nafas anak atau bayi menjadi sempit dan keluarnya lendir. Lendir ini yang menyebabkan munculnya dahak pada saluran pernafasan. Batuk sendiri merupakan respon tubuh untuk mengeluarkan lendir tersebut. Hal ini dapat mengganggu sistem pernafasan anak atau bayi yang menyebabkan pola pertumbuhannya tidak normal dan dapat menyebabkan penyakit yang lain.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengobati batuk berdahak pada anak atau bayi adalah :

1. Ketika anak atau bayi sakit. Berikan kehangatan dan kenyamanan pada anak dengan baju hangat, serta mengecek kondisi anak apakah batuk berdahak yang dialami anak karena alergi, infeksi atau hal lainnya. dengan memberikan dan mengenakan pakaian hangat, anak merasa terlindungi dan sehingga udara dingin atau mikroorganisme tidak dengan mudah masuk dalam pori-pori kulit anak.

2. Berikan sentuhan dengan mengoleskan minyak kayu putih atau minyak telon untuk menghangatkan tubuh dan membantu memperlega pernapasan anak serta membantu memudahkan pengeluaran dahak.

3. Jika anak masih aktif dalam pemberian ASI, ada baiknya pemberian ASI dihentikan dahulu sejenak. Dengan maksud mungkin batuk pada anak ditularkan oleh sang ibu yang juga mengalami batuk berdahak. Sehingga berefek langsung pada ASI. Sang ibu sebaiknya mengkonsumsi obat batuk atau memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

4. Jangan selalu memberikan obat antibiotik kepada bayi atau anak tanpa resep dokter. walaupun sebenarnya bayi atau anak dapat dengan mudah mengalami infeksi atau virus yang berefek langsung pada peningkatan suhu tubuh, namun dapat disembuhkan tanpa pemberian obat antibiotik.

5. Berikan makanan, minuman dan suplemen alami yang mampu diserap oleh tubuh dengan mudah. Berikan makanan yang halus agar anak tidak mudah tersedak dan mampu mengunyah atau menelan makanan dengan sempurna.

6. Bila perlu berikan satu sendok teh madu murni untuk membantu memelihara kekebalan tubuh dan meningkatkan sistem imun anak.

7. Jangan menggunakan pendingin ruangan dengan skala udara yang besar. Karena pendingin ruangan dengan suhu yang besar akan menekan fungsi pernapasan sehingga oksigen yang masuk dalam tubuh anak menjadi berlebih dan anak menjadi kesulitan bernapas. Pastikan suhu dalam ruangan tetap seimbang.

8. Hubungi dokter jika sakit atau batuk berdahak tidak kunjung dalam beberapa hari. Agar mendapat penanganan lebih intensif.


=====================================

>>> Obat Batuk Berdahak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Batuk Berdahak and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>